Sebagai Korban atau Pemenang?

Bagi-bagi kisah lagi ah. Dikutip dari tulisan Mbak Ilna Yuti di milis Boss Luar Biasa.

Semangat Pagi !!!

Saya teringat satu hal nih. Sewaktu mbak Meuthia dan aku di Afrika Januari lalu, saat lunch time @ Business Conference kami bertemu dengan satu cowok itali lucu imut *namanya lupa*. Mbak Meuthia ingetbanget cowok ini juga ada saat Gold Conference di Roma. Ternyata dia adalah DJ yang disewa oleh Oriflame setiap kali adain acara2.

Naaaah yg bikin saya mau nulis ini adalah ketika dia tanya gini :
Dia : ini level apa nih yg hadir ke sini ?
Mbak Meuthia : ooo ini kami semua Diamond up, krn ini Diamond conference
Dia : Jalan2 terus ya
MM : Iya, enak kan, nanti pas kita ke Stockholm kamu ada juga gak ?
Dia : Gak tau deh, mungkin. BTW, kalo diamond itu penghasilannya brp ya ?
MM : Sekurangnya 2500 USD - 3500 USD deh, at least ya itu.
Dia : Kamu ?
MM : Oooohh saya 5rb USD, lebih tinggi, utk kami di Indonesia, punyapenghasilan 5rb USD sebulan itu udah gede, biasanya itu didapat oleh level director perusahaan besar
Dia : Ooo gitu. TAPI APA BENER TUH SEGITU ? Soalnya kan kebanyakanorang MLM itu keliatannya aja bonusnya besar, padahal sebetulnya yang dia dapet gak gede2 banget karena harus invest sana sini, bikin ini itu.

Abis itu cowok lucu itu berlalu. Kami berdua ngomong "iiihhhh ngelecehin bener ya tuh orang, dikira kita boongan apa".:D.

Barusan inget lagi jadi mesem2 sendiri.

Aku inget banget perjalanan aku di Oriflame ini.Sewaktu aku bilang ke orang2 bahwa di bulan pertama aku invest 200katalog, banyak yg bilang "mahal dong, kan belum punya pendapatan", dibulan 1 tsb penghasilanku hanya 147rb. Tekor ? Iya.Dibulan kedua income ku naik menjadi 1jt-an dan saat itu aku sudah aktif merekrut setiap hari. Wara wiri sehari 3-4 tempat. Kalo pas kebetulan bisa barengan Mbak Meuthia sih enak, bisa nebeng. Kalo nggak? Ya jalan sendiri naik turun bis, kadang mrospek kan di cafe ya mau gak mau makan/minum dong ya. Dan penghasilanku di bulan ke 2 yg hanya1 juta itu pun gak bisa aku tabung. Habis dengan sukses. *pantes suamibilang "duh MLM an abisin duit dan waktu aja".

Tapi gara2 itu di bulan ke 3 saya punya penghasilan 6,3 jt *posisiSM*. Naaaah .... Kira2 apa saya merasa di Oriflame buang2 uang ? Gaksepadan antara usaha dan hasil ? Tidak.Disinilah sebenar2nya investasi vs hasil. Semakin besar investasi yangkita keluarkan semakin besar hasilnya. Dan semakin besar hasilnya nanti, semakin kecil prosentase yang kita alokasikan sebagai investasi. Banyak yang lupa : bila dihubungkan dengan pekerjaan kantor + gajitetap. Apa ada pekerjaan kantor yg membuat income anda naik bila effort yg anda keluarkan besar ? Gaji anda TETAP. Ketika anda baru pertama kali bekerja di kantor, anda belum digaji - namun anda bersedia mengeluarkan uang utk bayar uang transport + makan di bulan pertama. Ketika anda mendapat gaji pertama, uang itu pun habis sebelum tengah bulan sbg biaya anda bekerja di bulan ke 2. Dan begitu seterusnya sampai pengumuman kenaikan gaji yang ternyata diiringi dengan kenaikan pengeluaran. Tapi anda tidak mengeluh2. Kenapa ? Karena anda TERBIASA.

Namun, banyak yang mengeluh ketika berjalan di Oriflame dan bilang"duh, gak sepadan nih antara pendapatan dan pengeluaran". Percaya deh,Sangat Sepadan. Silahkan cek, bagi mereka yang berjalan, bonus nya pasti meningkat setiap bulan, seiring dengan besarnya investasi yg dia keluarkan di bulan sebelumnya, hingga akhirnya anda amazed sendiri bahwa investasi yg nantinya akan anda keluarkan terasa amat sangat kecil dibanding penghasilan anda.Hidup anda akan seperti anda mendorong kendaraan. Baru join kan anda sendiri, anda mengajak orang2 dengan effort anda sendiri. Anda kasih katalog milik anda ke banyak orang, sehingga mereka bergabung. Lama2kan anda punya tim, tim akan mencari tim baru nya juga, sehingga kendaraan anda tidak lagi anda dorong sendiri. Lalu lama kelamaan semua orang ingin mendorong bisnis anda, sehingga kadang tidak lagi diperlukan diri anda utk mendorongnya kecuali MENGENDALIKANNYA agar baik jalannya. Disinilah usaha anda tidak lagi sedemikian besar namun hasilnya luarbiasa.

Demikian ya sharing dari aku.Bersabarlah di bisnis ini, anda akan terkejut dengan rewardnya.*income 2009 : 90 jt (sudah termasuk cash reward director 7 jt)
*income 2010 as per mei sudah hampir 90 jt (alias sama dengan income total 2009, isn't it amazing ? Ini diluar cash reward tahun ini total(insya Allah naik 4 level) Rp 105 jt cash award only).Yang bertahan, bersabar dan kerja keras - berhak menang !

Go diamond

Komentar

Postingan Populer