Happy 25th Birthday, Oriflame....


Robert af Jochnick: Produk Utama Kami adalah "Mimpi"
http://female.kompas.com/read/xml/2011/01/18/21164736/Robert.af.Jochnick.Produk.Utama.Kami.adalah.Mimpi

Selasa, 18/1/2011 | 21:16 WIB

KOMPAS.com - Merayakan ulang tahun ke-25, hari ini, Rabu, 18 Januari 2011, Oriflame Indonesia memboyong Chairman sekaligus pendiri Oriflame, Robert af Jochnick ke Jakarta. Diadakan di wilayah Atrium gedung kantor barunya, Menara Standard Chartered, Jakarta, sebelum perayaan, Robert af Jochnick bertemu dengan para wartawan dan berbincang sejenak mengenai perjalanan perusahaan yang ia mulai dari sebuah apartemen kecil itu.

"Saya memulai usaha ini di sebuah apartemen kecil bersama adik saya di Stockholm pada tahun 1967. Kini, Oriflame sudah ada di 63 negaram dan bahkan menjadi merek nomor 1 untuk perusahaan kosmetika direct-selling di banyak negara, terutama Rusia. Kami memulai hanya dengan 50 produk alami, kini kami memiliki lebih dari 1000 produk dengan harga terjangkau, serta 6 pabrik di dunia. Kami memulai berdua, kini, kami memiliki 9 ribu staf dan 3,5 juta konsultan di seluruh dunia," papar Robert di hadapan para wartawan.

Oriflame merupakan perusahaan kosmetika asal Swedia yang menawarkan produk kosmetik dan perawatan kulit alami melalui jaringan penjual mandiri, yang mereka namakan dengan independent beauty consultant. Sementara di Indonesia, Oriflame didirikan sejak tahun 1986, dan memiliki sekitar 200 ribu konsultan. Menurut Robert af Jochnick, Indonesia merupakan negara Asia pertama yang ia tuju untuk membuka cabangnya. Karena ia merasa ingin membantu dan mengubah kesejahteraan banyak orang agar lebih mandiri dalam mencari penghasilan.

Ada 3 kunci yang ia pegang dalam menjalankan bisnisnya ini;
1. Kebersamaan. Ia meyakini bahwa sukses baru bisa teraih bila semua orang yang terkait bekerjasama.

2. Semangat. Tidak pernah menyerah dan selalu punya gol untuk diraih adalah hal yang amat dipegang olehnya. Menurutnya, gol akan membuat seseorang selalu ingin menjadi lebih baik.

3. Passion. Hal ini, menurut Robert, amat dibutuhkan dan menjadi hal yang penting jika akan menghadapi perjalanan panjang. "Produk utama kami adalah mimpi para konsultan untuk mencapai kesuksesan dan mewujudkannya," ungkap Robert.

Selain itu, Robert menyuarakan pula, bahwa ada satu demand yang diterima perusahaannya, yakni untuk membuat perusahaannya menjadi lebih baik, khususnya dalam hal lingkungan. "Kami tak ingin mengambil dan mengambil terus dari alam tanpa memberi kembali. Kami memiliki proyek untuk mendirikan sebuah pabrik yang ramah lingkungan. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan beberapa lembaga masyarakat untuk program bantuan," jelas Robert.

Ketika ditanyakan mengenai apa yang membuatnya bisa berkembang hingga sekarang, Robert menuturkan 3 hal. Pertama, produk yang ditawarkan harus berkualitas, serta harus terus berkembang. Kedua, tidak berpaling dari inovasi. Kini Oriflame sudah merambah pemesanan dan pendaftaran online demi kemudahan para konsultan. Ketiga, terus membangun kepercayaan dari semua pihak.

Komentar

Postingan Populer