To Do List

Semangat pagiiiii....

Bener2 pagi ini yaa....jam 00.20 am dan saya masih bergairah untuk menularkan energi saya ke teman-teman semua.

Ihhhh...si Eka kayak orang gak tau waktu ya. Hehehehe...bukan begitu sebenarnya.

Tadi pagi saya ikut BPS sama Mbak Sotya. Buat yang belim tau apa itu bps, saya kasih tau dikit ya. BPS itu adalah business planning system. Artinya kita menyusun sistem perencanaan untuk bisnis kita. Tentunya untuk kasus ini, bisnis oriflame donk ya.

Nah, dalam bps tadi, saya merasa bener2 dicubit dan tersadar bahwa kemaren2 ngapain aja yaaa?? Bengang-bengong, malrs liat AR. Males liat V3, males reaktivasi downlone tidur, males rekrut, males follow up, males semua lah intinya. Hasilnya apa? 2 bln poin saya drop. Bonus yang tadinya rata2 6 juta, 2 bln kmrn nyungsep, adi cuma 2 juta. Huaaaaa....seih gak sih? Dan hebatnya lagi, 2 bulan kemarin aku tetep aja cuek ya. Bodo' ah...biarin deh ilang 4 juta. Toh msh ada bulan depan. Tapiiiii...nyatanya...skrg udh tinggal 4 hari menjelang tupo, tapi bonus belum juga beranjak mencapai kepala 3. Boro2 mau bonus kepala 6....Huhuhuuuuuu....

Nah, kala kita sendirian nih, gak pernah mau BPS sama upline ataupun ASM, ya udah...menguap deh tuh. Lupa sama target, lupa sama mimpi. Biarin aja deh. Masih ada suami yang gajinya gede dan tiap bulan ngasih, masih ada uang gaji yang jumlahnya juga lumayan. 

Tapiiiii...beda banget kala kita rutin melakukan bps. Bps gak sekedar ngitung mau target berapa lo? Hrs rekrut berapa lo buat bs mencapai target itu? Gakkkk...bukan sekedar itu. Di bps, kita ingatkan lagi core team kita ttg mimpi2nya. Kita tanyakan lagi apa aja yg udh dia lakukan selama periode setelah bps terakhir. Banyak banget yang sbisa kita dapatkan dengan bps. Penyakit orang yang gak bisa maju adalah dia selalu menganggap dirinya udh tau. Ah, gw udh tau kok cara bps. Ahhh..gw udah tau kok cara ngitung target bps. Dan ah udah tau lainnya. Tapiiii....nyatanya tau aja tapi gak dilaksanakan...hasilnya nol besar.

Daannnn....sialnya, saya termasuk org yg susah maju itu....kemarin-kemarin. Sekarang saya gak mau lagi jadi orang yang susah maju. Saya mau jadi orang yang haus waktu untuk bps, haus waktu training, dan haus waktu berkomunikasi dengan para leader. Saya sadar, sulit buat saya untuk berubah drastis langsung menjadi orang yang konsisten. Tapi saya mau berusaha. Saya mau maju di bisnis oriflame ini dan saya juga ingin teman2 ikut maju bersama saya.

Ingat, kualifikasi bali cuma tinggal 3 bulan. Tahun ini katanya gak ada diskon poin, jadi kalau mau ikut bali, kita harus punya 10 ribu poin grup paling telat bulan desember nanti. Kualifikasi dubai? Kayaknya wassalam juga. Gak akan ngejar dubai kalao skrg aja blm ada kaki split out. Padahal kta butuh 18 split out sampai bulan maret 2013 untuk bisa kejar dubai. 

Emang sih msh ada kemungkinan kejar dubai, asalkan bulan dpn 3 kaki kita lgs 21% sampe baulan maret 2013. Hmmmm....mungkin gak ya? Gak ada yang gak mungkin kalau kita mau usaha kayaknya. So..gak ada salahnya untuk dicoba kan?

Oh ya,masih ada satu lagi yang bisa kita kejar. Anniversary cash reward. Apaan tuh? Cash award tambahan sebesar 50% cash award pertama kita pada periode C8 2012-C7 2013. Tapi di C7 kita harus sdh mencapai titel Gold Director. Jadi kalau biasanya cash award director cuma 7 juta, ... Jika sampe juli 2013, kita berhasil menjadi gold director, maka kita akan mendapat cash reward sebagai berikut :

* cash reward director : rp. 7 juta
* cash reward gold director : rp. 14 juta
* cash reward anniversary : rp. 3,5 juta

Total kita akan mendapatkan cash reward sebesar rp. 24,5 juta dalam waktu 10 bulan ke depan. Itu di luar bonus kita yang pastinya udh lebih dari 10 juta donk kalo udh mencapai title gold director

Nahhhh...sekarang gimana donk supaya bisa dapet itu semua?

Dengan email ini, saya sekalian mau menyaring core team. Saya akan memberikn tugas2 persis tugas yang dinerikan mbak sotya ke saya. Apa aja tugasnya? Silakan disimak ya...

1. Beli buku tulis dan buat TO DO LIST di dalamnya. To do list bukan cuma buat oriflame aja, tapi juga to do list semua kegiatan kita setiap hari. Mulai dr urusan rumah, kantor, oriflame, bisnis lain, dll.

2. Tulis dengan huruf besar di halaman pertama ( sebelum menulis to do list), apa target dan goal yang mau dicapai. Tulis juga timelinenya. Tuliskan secara spesifik ya. Ini contoh punya saya 

Eka's Success Plan :

Goal :
1. Director des 2012
2. Gold director mei 2013

Target :
punya gaji minimal 20 jt/bln start on juni 2013

Timeline
1. Vera SM paling telat jan 2013
2. Anie SM feb 2013
3. Rihsa Mar 2013
4. Endang Apr 2013

Target 5 tahun : eksekutif diamond
Target 3 tahun : double diamond
Target 2 tahun : diamond
Target 1 tahun : Senior Gold Director


Membuat timeline harus reasonable ya. Yng masuk akal. Misal sekarang si A di level 3%, bln depan dia ditarget lgs SM. gak masuk akal kan? Ya kecuali mungkin dia dpt downline yang bener2 fokus, kayak kasus Ika bubun lulu dan elysabeth juno yang bisa lamgsung SM dlm waktu kurang dari 3 bulan. Tapi ya kerjanya juga harus bener2 mati2an. Ya, setidaknya bekerja mati2an buat kesuksesan sendiri, rasanya cukup layak dibanding kerja mati2an buat kantor orang lain ya. 

Ok, kita lanjut tugas berikutnya yaa..

3. Print AR, tandain siapa aja yang harus difollow up. Follow up new starter (member baru). Kirimin email, smsin mereka dan telfon adalah yang paling jitu, kita langsung tau maunya si downline apa. Perhatiin semua downline di kedalaman. Seringkali mereka gak jalan karena uplineny gak bisa menjelaskan soal bisnisnya. Atau bahkan uplinenya udh mati. Percaya deh, kita psti akan nemu leader di sana. Kayak leader2nya mbak sotya itu, hampr rata2 mrk awalnya ada di kedalaman dia. Dan akhirnya mereka mau jalan setelah dibimbing sotya

Sayapun sudah melakukan itu. Hasilnya? Sabtu bsk saya udh janjian mau ketemuan buat kasih penjelasan detail krn uplinenya dia cuma user aja tapi suka ngerekrut. Nah loh...

So, kesimpulannya, jangan selalu bilang downline gak jalan ya. Mari kita evaluasi lagi diri kita. 

4. Buka AR tiap hari. Cermati poin2 yang tertera di sana. Jng sampe nanti ditanya berapa poinnya, eh dia kelabakan baru buka AR. AR itu roh kita. AR itu yang membantu kita menapaki tangga kesuksesan.

5. Bikin sarpio kalendar tiap bulan. Untuk yang skrg, segera bikin kalendar sarpio 27-30 sept. coba di cek di V3.

6. Sekarang, gmn cara rekrutnya? Buka facebook kamu, coba hubungi minimal 20 orang setiap hari. Kalau itu kamu lakukan setiap hari, artinya ada 600 org yang sudah mendapatkan pesan kamu. Follow up tapi jangan memaksa. Ini bukan bisnis paksaan. Downline yang jalan adalah sownline yang mengerti success plan dan biasa bekerja dengan sarpio.

7. Beli katalog 10 minimal 40 pcs. Kasih nama katalognya. Gunakan untuk ngasih prospek, ngasih dowline tidur, ngasih customer untuk ngumpulin orderan, dan lain-lain. Inget, katalog itu toko berjalan kita. Ibaratnya kita punya 40 toko. Artinya apa? Semakin banyak toko kita, semakin besar juga. Donk peluang kita untuk laku? Rekrutam datang, customer pun ngantri......bener gak?

8. Sisa waktu 4 hari, segera follow up para downline ya. Jangan bilang tanggung ah, mulai bln aja. Percaya deh, bulan dan pasti kita akan sama mikirnya. Bulan dan lagi aja ahhh...dannn...voila....tau2 semua kualifikasi lewat. Dan kita masih begitu- begitu aja, sama kayak kemarin2, tidak lebih baik di bisnis oriflame ini. 

9. Beli tiket art f success by magnus seharga rp. 25 rb dan tiket success seminar rp.199rb
Kenapa kita harus ikut event2 besar begini? Karena itu adalah ajang eksistensi kita di mata down
Line dan para prospek. Mrk akan liat konsistensi kita di bisnis yang pernah atau sudah kita tawarkan  ke mereka. 

10. Perkenalkan nutrishake ke semua jaringannya. Nutrishake itu punya 63 bp loh. Cuma dengan jual 2 nutrishake atau mengkonsumsi sendiri, kita udh bisa lgs tupo tuh. Lebih malah, kejar dikt lagi dapet BC dehhh...

11. Saya akan susun jadwal bps dan core team utk bln depan. Siapa yang ma ikut, nanti saya share jadwalmya yaa....

12. Last but mot least, lakukan ini ke semua jaringannya. Saring mereka dan minta mrk mengerjakan tugas yan sama. 

Segitu dulu tugas2nya yaaa...silakan reply di sini aja buat yang mau bekerja sama dengan saya.

Caiyoooooo...

*lompat ke tempat tidur, ngantuk berat, besok bps jam 11 sama mbak leily di sudirman*

bismillah gak ada usaha yang sia- sia...

Nite...nite ... Teman2 ....


Sent from my iPAD

Komentar

Postingan Populer