Sekepal Daging Buat Mbak Asih & Mbak Yam

Sekepal Daging buat Mbak Asih & Mbak Yam


Mbak Asih : "Kalau saya dapat daging sebesar ini, Bu...(ngangkat daging sapi sekitar 1/2 kg yang lagi dia potong2, jatah qurban kami) .....Saya mau pulang dulu ke kampung"
Saya : "Masak daging segitu aja mbak sampe harus pulang kampung sih, mbak. Mahalan ongkosnya kaliii...."
Mbak Asih : "yaaa...ibu gak tau sih. Di kampung saya boro2 bisa dapet daing segede gini bu...paling banter cuma sekepal doang. Itupun belum tentu dagingnya. Bisa jadi ususnya atau jeroan lainnya"
Saya : " masak sih, mbak? ( masih gak percaya). Emang di sana gak ada yang qurban, mbak?"
Mbak Asih : " ya ada, tapi paling cuma 1 orang itu juga gak tiap tahun dan cuma kambing. Makanya saya pulang ya, bu. Biar anak saya bisa mgerasain dagingnya...."
Mbak Yam : "iya, bu...boro-boro mau qurban...la wong di sana orang susah semua...

Degggg....masya allah...saya gak pernah menyangka kalau ternyata sekepal daging itu begitu berharga buat Mbak Asih dan juga Mbak Yam dan orang- orang di kampungnya. Di jakarta, banyak orang berqurban, tapi dagingnya ya dibagi-bagikan buat warga di lingkungannya sendiri, baik yang emang jarang makan daging maupun mereka yang berkecukupan.

Di lingkungan saya sendiri contohnya, setiap tahun pasti saya dikirimi daging qurban oleh panitia. Sampe saya tanya ke pantianya, kok kita dapat juga sih, Pak? Iya, bu. Ini memang semua kebagian, kok. Yang dhuafa juga udah dapet bagiannya.

Wahhh...wahhh...kalau begitu konsepnya, makna qurban jadi rancu ya. Saya memang belum terrlalu paham agama, tapi menurut saya pastilah qurban itu dilaksanakan untuk membantu orang- orang seperti Mbak asih dan mbak Yam supaya bisa merasakan nikmatnya daging dan bukan buat orang-orang yang punya penghasilan cukup. Kayaknya emang udah keblinger nih.... Tapi ya sudahlah, semua berpulang ke niat masing- masing kan ya.

Nah kembali ke soal Mbak asih dan Mbak Yam, saya bilang ke mereka....

Saya : "Mbak, daging itu emang jatah buat mbak, kok. Msing2 dapat 1 kg. Tapi mbak gak bisa pulang ya, karena kan adek sebentar lagi mau operasi. Jadi, kalau memang mau dikirim ke kampung, mending mbak titip aja sama sopir travel yang biasa nganter ke kampung"
Mbak asih : "ya, bayar ongkos lagi donk, bu. 50rb."
Saya : lah emang kalau mbak asih pulang, gak pake ongkos? Kan justru lebih mahal ?"
Mbak yam : "iya, sih ya, mbak. Yo wes, kita bagi dua aja ongkosnya 25-25 ya, mbak. Mau gak? ( kebetulan mereka sekampung)
Mbak asih : "yo wes gitu aja lebih bagus."
Saya : "ya udah nanti saya yang bayarin deh ongkos titipnya."
Mbak asih & mbak yam : "beneran, bu? Makasih ya, buuuuu....nanti tahun depan ibu qurban di kampung saya aja, bu. Saya yang bawa sapinya. Pasti seneng banget itu orang-orang di kampung saya."
Saya : insya allah, mbak...doain aja ada rejekinya ya, supaya bisa qurban lagi. (sambil mikir gimana ya cara ngirim sapi ke kampungnya yang jauh ampun2an dari kota tegal katanya masih 1-1,5 jam lagi naik ojek. Hehehhehe)

Nnti saya pikirkan deh gimana caranya supaya tahun depan mbak asih dan orang2 kampungnya bisa merasakan daging qurban gak cuma sekepal tapi berkepal-kepal....

Komentar

Postingan Populer