Usir Flek Hitam Dengan Optimals Even Out

Semangat Pagiiiii

Buat kamu yang punya masalah dengan bintik hitam, kamu harus membaca semua penjelasan di halaman ini. Kenapa? Supaya kamu punya solusi untuk mengatasi bintik hitammu dan kembali percaya diri dengan wajah yang lebih cerah.

Sudah siapppp??? Yuk, kita mulaiiii ...

Teman2 ingin memiliki wajah seperti di bawah ini?




Yes, wajah cerah pasti menjadi dambaan setiap perempuan, bukan? Dan berita baiknya, kita smeua bisa kok punya kulit wajah yang cerah, asal tau caranya. Nah, saya akan menjelaskan apa yang dilakukan teman2 saya di atas untuk mendapatkan kulit cerah bebas flek hitam. Simak yuk satu persatu penjelasannya.

Flek hitam atau ephelis adalah istilah untuk kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Flek hitam dapat terlihat sebagai bintik-bintik pada kulit wajah, walau dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan dan bahu. Bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak membahayakan diri penderitanya. Umum ditemukan pada wanita mulai usia 20 tahunan.


Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari. Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, rambut, dan bagian tertentu dalam telinga manusia. Inilah sebabnya bagian kulit yang memiliki banyak melanosome akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik. Flek hitam dapat bertambah gelap setelah terpapar sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk orang dengan kecenderungan ini.

Secara umum, faktor penyebab flek bisa dibedakan menjadi 2, yaitu faktor internal dan eksternal. Flek sendiri tidak ada kaitannya dengan jenis kulit kita, apakah kering, berminyak, atau normal.
FAKTOR INTERNAL
HORMON
Hormon telah jelas menjadi penyebab flek hitam di wajah. Hormon tersebut diantaranya estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada trisemester ketiga. Pada saat kehamilan akan terjadi perubahan hormon yang memudahkan muncul flek apabila terpapar matahari walau hanya paparan matahari yang ringan. Namun flek jenis ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti KB suntik atau pil juga berperan penting untuk timbulnya flek.
 
GEN
Pigmentasi juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetik. Hasil penelitian menunjukkan flek tampak karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen. Secara sederhana, masalah faktor genetik dapat kita liat pada orang-orang yang sama-sama berjemur atau sering beraktifitas di bawah sinar matahari namun tidak semua orang tersebut menderita flek. Oleh karena itu, apabila kita memiliki faktor genetik mudah timbul flek, sangat diwajiibkan untuk menggunakan pelindung sinar dan sebisa mungkin menghindari paparan sinar matahariSelain itu, faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek. Biasanya dijumpai pada golongan Hispanik dan golongan kulit berwarna gelap.
OBAT
Obat-obatan tertentu juga akan merangsang timbulnya flek diwajah. Obat golongan klorpromazine, mesantoin, Difenilhidantoin, dan minosiklin ini akan menimbun di lapisan dermis dan secara tidak langsung merangsang adanya proses hiperpegmentasi dan memicu flek hitam di kulit. Termasuk pil KB yang memiliki efek samping berupa flek hitam pada kulit. Obat-obatan dan pil KB akan berpengaruh terhadap hormon yang bertanggung jawab atas hiperpigmentasi atau flek hitam yang terlihat pada kulit.


FAKTOR EKSTERNAL
UV pada SINAR MATAHARI
Sinar matahari menjadi penyebab utama terjadinya flek hitamSinar matahari akan merangsang kulit kita untuk memproduksi pigmen melanin yang lebih banyak, sehingga menimbulkan flek. Maka, mengoleskan sunblock wajib dilakukan demi melindungi kulit dari jahatnya sinar ultraviolet. Jika berada di bawah sinar matahari tanpa tabir surya atau sunblock, sama saja dengan  membiarkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Begitu juga saat mengendarai mobil dalam kendaraan tertutup masih berisiko terkena sinar UVA dari jendela.
KOSMETIK
Beragam kosmetik beredar di pasaran menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna, atau bahan-bahan tertentu yang dapat menimbulkan fotosensitivitas. Fotosensitivitas adalah keadaan kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalkan kita memakai blush on yang mengandung fotosensitivitas, daerah yang sering dipakai kosmetika apabila terkena sinar matahari akan membuat pipi muncul flek hitam. Selain itu, penggunaan kosmetika yang salah atau kesalahan dalam penggunaan produk kosmetik seringkali menimbulkan iritasi atau kemerahan pada kulit. Kemerahan ini apabila tidak ditangani dengan tepat akan menimbulkan flek di wajah.
POLUSI
Jika tinggal di kota metropolitan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi dan mengalami beberapa noda hitam di wajah, mungkin penyebabnya adalah polusi. Flek hitam terbentuk karena sel kita memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit. Dengan maraknya pencemaran di udara mengiritasi kulit setiap hari, sel kita tentu harus bekerja keras memperbaiki kerusakan.
IRITASI
Apabila kulit terasa gatal secara reflek pasti ingin menggaruknya tapi tindakan tersebut dapat mengiritasi dan merusak kulit sehingga kulit memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahananMenggaruk bekas gigitan nyamuk dapat memicu terbentuknya flek hitam. Noda tersebut biasanya pudar dalam tiga bulan. Namun jika terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, waktu pemulihan dapat berlangsung lebih lama sampai 2 tahun.


Untuk flek karena genetik, memang agak susah mengatasinya jika sudah terlanjur muncul karena hal ini berkaitan dengan faktor keturunan. Namun, hal ini bisa dicegah yaitu dengan mengurangi intensitas terpapar sinar matahari tanpa perlindungan. Flek yang disebabkan oleh perubahan faktor hormonal (misal kehamilan, pengobatan, atau pil KB) biasanya akan memudar ketika faktor-faktor penyebabnya sudah menghilang atau pengobatan dihentikan.
Untuk flek karena faktor eksternal, yang pertama dan utama adalah tetap hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang terlalu lama. Sinar matahari memang tidak dapat selalu dihindari, karena di lain sisi, manusia membutuhkan vitamin D alami yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Bagaimanapun juga flek hitam dapat diantisipasi dengan menggunakan tabir surya dengan SPF. Pada orang-orang berkulit cerah, hal ini semakin penting untuk menghindari radiasi UV yang berisiko memicu penyakit kanker kulit.
Trik lainnya adalah dengan menggunakan topi lebar dan pakaian nyaman yang dapat melindungi tubuh dari sinar matahari. Perhatikan jam-jam saat matahari sedang bersinar dengan teriknya. Biasanya terjadi pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Ada baiknya kita tidak terlalu lama berada di luar ruangan pada waktu-waktu di atas.
Selain itu, pemilihan kosmetik berbahan dasar alami bisa mengurangi kemungkinan iritasi. Bersihkan wajah secara teratur untuk menghilangkan segala jenis bakteri dan kotoran yang menumpuk di kulit karena paparan polusi.

Sublock atau Sun Protection Factor (SPF) selalu menjadi hal pertama dan utama dalam perlindungan kulit kita. Oriflame menyediakan banyak sekali jenis perawatan wajah (krim wajah) dengan kandungan SPF. Khusus untuk mengatasi flek dan mencegahnya makin banyak, ada rangkaian Optimals Even Out.


Letaknya bisa di permukaan pada kulit ari (epidermis), atau pada kulit dalam (dermis).
Flek pada lapisan epidermis berwarna kecoklatan dan lebih mudah dihilangkan dibanding flek yang terletak pada dermis yang umumnya berwarna kebiruan.
Untuk mengetahui apakah flek termasuk kategori ringan (di lapisan epidermis) atau berat (di lapisan dermis) adalah dengan meregangkan kulit dimana flek tersebut timbul. Jika saat kulit diregangkan flek memudar, maka termasuk flek ringan. Jika tidak memudar, maka termasuk flek berat.




TENTANG  RADIASI DARI SINAR MATAHARI

Lebih mudah mengingatya dengan singkatan ini.
UVA (Ultra Violet Aging)

Jika terpapar sinar matahari terlalu lama, UVA akan menembus lapisan kulit lebih dalam (dermis) dimana kolagen dan struktur kulit terletak dan dapat menyebabkan penuaan kulit berupa keriput dan noda hitam. Menurut penelitian dari World Health Organization, paparan sinar UVA dapat menyebabkan kulit mengendor, kerusakan actinick (kasar, keriput, berbagai pigmentasi kulit), dan dapat memicu kanker kulit termasuk melanoma. Sinar UVA bisa menembus kaca dan tak terpengaruh cuaca.
UVB (Ultra Violet Burning)
Bagaimana dengan sinar UVB? Pembentukan vitamin D pada tubuh adalah hasil paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVB. Namun, terpapar sinar UVB terlalu lama akan membakar kulit dan merusak melanin, yang mengakibatkan kulit yang lebih menggelap. UVB diserap oleh bagian epidermis dan tidak ada sinar UVB yang dapat menembus lebih dalam daripada lapisan teratas dermis. 

SPF (Sun Protection Factor) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVB yang menggelapkan kulit atau membuat kulit menjadi merah, sedangkan PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVA yang menyebabkan penuaan kulit.
Menurut Spencer, seorang ahli dermatologi dari Florida, SPF 15 pada tabir surya akan menghambat sekitar 94% sinar UVB, dan SPF 30 pada tabir surya mampu menghambat 97% dari sinar UVB, dan SPF 45 akan menghambat sekitar 98% sinar UVB. Para ahli kulit merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya ber-SPF minimal 15 hingga 30 dan mengoleskannya setiap 2 jam.


Tabir surya dengan SPF yang sangat tinggi, seperti SPF 75 atau SPF 100, tidak akan menawarkan perlindungan secara signifikan lebih besar dari tabir surya dengan SPF 30. Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa semakin besar SPF yang digunakan maka semakin baik perlindungan yang akan diberikan oleh tabir surya.

Nahhh..sekarang sudah tau kan ya tentang seluk beluk bintik hitam beserta semua penyebabnya. Sekarang apa solusinya? Solusinya yaitu OPTIMALS EVEN OUT. Apa itu Optimals Even Out? Yuk, kita pelajari lagi disini 

Optimals Even Out adalah Skin Care unggulan Oriflame yang sudah terbukti mengusir Flek Hitam. Sebelumnya, produk ini hadir hanya dengan Day Cream & Night Creamnya saja. Tapi sejak tahun 2017, Optimals Even Out hadir secara lengkap mulai dari Cleansing Gel, Toner, Eye Cream, Serum, Day Cream & Night Cream. Yang membuat Optimals Even Out atau biasa kami sebut OEO ini aman adalah, bahwa skin care ini tidak mengandung pengawet PARABEN. Bahan2 yang terkandung di OEO ini menggunakan bahan alami Swedia yang mengandung vitamin dan minyak essential. Manfaatnya tidak hanya mengusir flek hitam tapi juga Menjaga dari polusi.

 Kenapa harus memilih Optimals Even Out Lengkap? Karena optimals even out yang baru ini mengandung SPF dan Lumilight complex yang terbukti menyamarkan bintik hitam serta melindungi kulit dari polusi.   

Apa itu Lumlight Complex dan apa fungsinya? Lihat penjelasannya pada gambar ya

Selain lumilight complex, OEO juga mengandung Polluton-Out Active yang mampu mencegah polusi masuk ke kulit wajah kita


Kok bisa ya OEO punya kekuatan begitu hebat? Iya, karena OEO mengandung 3 bahan kunci yaitu Meadowsweet - vitamin C yang menyamarkan bintik gelap. Gooseberry - fruit acids yang membantu memaksimalkan kesegaran & kilau wajah serta Cranberry seed oil-anti oksidan seperti vitamin E yang membantu menutrisi dan menjaga kulit.



Anda ingin tahu lebih banyak tentang oriflame atau ingin mendapatkan diskon lebih banyak? Bergabunglah bersama oriflame & isi data di bawah ini

Komentar

Postingan Populer